Foto Tokoh Gerakan Pemuda dan PKI
ket: Gambar 1. Trikoro Dharmo (Jong Java) Gambar 2. Semaun
2. Kolom organisasi- organisasi Pergerakan Nasional
No. | Organisasi | Berdiri (tgl & thn) | Pendiri | Sifat gerakan | Tujuan |
1. | Budi utomo | 20 Mei 1908 | - Dr. Soetomo - Dr. Wahidin Sudiro Husodo | Terbuka | - Memajukan Hindia-Belanda yang dicapai melalui pendidikan, pertanian, perdagangan, ilmu pengetahuan dan kebudayaan. |
2. | Sarekat islam | 1911 | H. Saman Hudi | Merakyat dan terbuka | - Memajukan perdagangan. - Membantu oara anggota dalam permodalan perdagangan. - Memperbaiki pendapat yang keliru mengenai islam. - Memajukan pengajatan dan pendidikan untuk meningkatkan derajat bangsa. |
3. | IP (indische partij) | 25 Desember 1912 | -Douwes Dekker -Cipto Mangunkusumo -Suwardi Suryaningrat | | Indonesia merdeka |
4. | MD( muhammadiyah) | 18 November 1912 | KH. Ahmad Dahlan | | - Menyebarluas-kan ajaran islam sesuai dengna Al-Quran dan Hadits. -Memajukan pendidikan berlandaskan islam. - Pengembangan pengetahuan yang diselaraskan dengan kehidupan modern. - Meningkatkan kesejahteraan hidup umat islam. |
5. | PKI | 23 Mei 1920 | H.J.F.M Sneevliet | | |
6. | Taman siswa | 3 Juli 1922 | Ki Hajar Dewantara | | - Mewujudkan masyarakat yang tertib dan damai. - Menciptakan suasana kehidupan rumah tangga di sekolah. - Melaksanakan system pendidikan Indonesia. - Siswa yang lebih tua membimbing siswa yang lebih muda. |
7. | PNI | 1927 | - Ir. Soekarno - Mr. Sartono - Mr. Iskaq Cokroadisuryo | | Indonesia Merdeka |
8. | Gerakan pemuda ( Trikoro Darmo ) | 7 Maret 1915 | - R. Satiman Wiryosanjoyo - Sunardi - Sutomo | | - Mempererat tali hubungan antara murid-murid Bumi Putra. - Menambah pengetahuan umum dan memperkukuh rasa persatuan dan kesatuan. |
9. | MIAI | September 1937 | -KH. Mas Masyur -KH. Ahmad Dahlan -KH. Wahab Hasbullah -Wondo Amiseno | | -Mempererat hubungan tali persaudaran antar organisasi |
10. | Gerakan wanita ( Putri Merdika ) | 1912 | -R.A. Sabaruddin -R.A. Sutinah Joyopranoto - R. Rukmini | | - Memberikan bantuan, bimbingan, dan penerangan kepada wanita pribumi dalam menuntut pelajaran dan mengemukakan pendapat di muka umum. |
3. 3. PI ( perhimpunan Indonesia ) dianggap gerakan radikal, mengapa?
Karena kegiatan yang dilakukan oleh aktivis PI yang berada di dalam maunpun luar negri, yang salah satunya ikut dalam kongres Liaga Demokrasi Perdamaian Internasional tahun 1926 di Paris. Dalam kongres tersebut, Mohammad Hatta dengan tegas menyatakan tuntutan akan kemerdekaan Indonesia. Demikian pula pendapat-pendapat mereka banyak disampaikan ke tanah air. Aksi-aksi yang dilakukan dalam kongres tersebut menyebabkan Hatta dan kawan-kawan dituduh melakukan pemberontakan terhadap belanda. Dikarenakan juga status anggota PI yang sebagian sebagai mahasiswa membawa posisi mereka tanpa ikatan sosial politik tertentu dan tidak memiliki kepentingan untuk mempertahanlan kedudukan, sehingga mereka tidak khawatir dalam bertindak terang-terangan melawan belanda. Organisasi ini juga membuat lambang untuk Indonesia diantaranya merah putih sebagai bendera. Semenjak berakhirnya PI perasaan anti kolonialis dan imperialis di kalangan pimpinan dan anggota PI semakin menonjol, apalagi setelah ada seruan dari Presiden AS, Woodrow Wilson mengenai hak untuk menetukan nasib bangsa sendiri. Tahun 1925 PI semakin tegas memasuki kancah politik, yang juga didorong juga oleh kebangkitan nasionalisme di Asia-Afrika. Disamping itu, mengusahakan suatu pemerintahan untuk Indonesia, yang bertanggung jawab kepada rakyat Indonesia semata-mata, dan hal yang demikian itu hanya bias dicapai oleh rakyat Indonesia sendiri tanpa mengharapkan bantuan siapapun dan pada prinsipnya menghindarkan perpecahan demi tercapainya tujuan. Dengan pemikiran yang demikian tegas, wajarlah apabila PI menjadi satu ancaman terhadap kredibilitas pemerintah Belanda dalam menjalankan kolonialismenya di Indonesia.
4. 4. Mengerjakan LKS halaman 29, 30-31, 36 dan 37-40
- Kegiatan Siswa 3.1 ( halaman 29 LKS )
No. | Nama | Penjelasan |
1. | Nasionalisme | Paham yang menempatkan kesetian tertinggi individu diserahkan pada negaradan bangsa. |
2. | Liberalisme | Paham yang menghendaki kebebasan individu dalam bidang ekonomi, agama, budaya, social, dan pengembangan iptek. |
3. | Hakko Ichiu | Ajaran yang mengajarkan agar dunia dibentuk menjadi keluarga besar dan dipimpin oleh jepang. |
4. | Swadesi | Gerakan yang mengutamakan pemakaian barang produk rakyat India sendiri dan tidak memakai produk Inggris. |
5. | Restorasi Meiji | Pembaharuan jepang yang dilakukan oleh kaisar Meiji. |
6. | Hak Ekstrateritorial | Hak kebebasan diplomat terhadap daerah perwakilannya termasuk halaman bangunan serta perlengkapannya, seperti bendera lambang Negara, surat-surat dan dokumen bebas sensor, dalam hal ini polisi dan aparat keamanan tidak boleh masuk tanpa ada izin pihak perwakilan yang bersangkutan. |
7. | Kaum Spoy | Tentara inggris yang berasal dari india. |
- Uji Kompetensi 3.1 (halaman 30-31 ) LKS
I. 1. B. Ernest Renan
2. C. kebebasan
3. A. pengakuan terhadap Hak Asasi Manusia
4. E. Montesquieu
5. A. usaha untuk memperbaiki Jepang dengan meniru gaya barat.
6. B. Santini Ketan
7. B. menyelamatkan Turki dari kehancuran
8. A. melawan imperialisme di dunia
9. B. berkembangnya paham kapitalisme
10. C. terjadinya penyerbuan terhadap penjara bastille yang merupakan symbol absolutisme
II. 1. Jelaskan ekstern yang mendorong lahirnya nasionalisme di Asia dan Afrika!
Jawab : - menangnya jepang atas rusia tahun 1904-1905
- Masuknya paham baru seperti Liberalisme, nasionalisme dan demokrasi.
- Pengaruh ucapan Wodroow Wilson yang mengatakan bahwa setiap bangsa berhak menentukan nasib sendiri.
2. Apa yang dimaksud dengan paham Liberalisme dan apa latar belakangnya?
Jawab: - Liberalisme adalah Paham yang menghendaki kebebasan individu dalam bidang ekonomi, agama, budaya, social, dan pengembangan iptek.
- Liberalisme munsul karena akibat dari kekuasaan yang absolut.
3. Bagaimana pandangan Adam Smith tentang Libelarisme ?
Jawab: pemerintah seharusnya tidak ikut campur dalam dunia usaha karena justru akan menghambat gairah usaha dari individu.
4. Sebutkan faktor-faktor pendorong lahirnya nasionalisme di India!
Jawab: - penderitaan rakyat india akibat impirealisme inggis muncul kaum intelektual.
- Pertentangan kebudayaan antara india dan inggris
- Diskriminasi dalam pemerintahan
- Pengaruh kemenangan jepang atas rusia
5. Sebutkan pembaharuan yang dilakukan Mustafa kemal pasha !
Jawab: - pembentukan UUD sesuai dengan konstitusi barat.
- Sekulerisasi yaitu kebijakan memisahkan urusan agama dengan kepentingan Negara.
- Huruf arab diganti latin.
- Etatisme yaitu politik perekonomian yang diatur oleh Negara.
- Perkawinan sipil dihapuskandan poligami dilarang .
- Kegiatan Siswa 3.2 ( halaman 36 )
No. | Nama | Peran |
1. | Van de Venter | Pendiri Kartini Founds |
2. | H. Saman Budi | Pendiri Sarekat Dagang Islam |
3. | Douwes dekker | Salah satu pendiri Indische partij |
4. | M. Tabrani | Ketua kongres pemuda I |
5. | Snevliet | Pengenal ISDV di Indonesia yang akhirnya berubah nama menjadi PKI. |
6. | Sugondo Joyopuspito | Ketua kongres pemuda II |
7. | H.O.S Cokroaminoto | Pengubah nama Sarekat Dagang Islam menjadi Sarekat Islam |
8. | Ki Hajar Dewantara | Pendiri Taman Siswa |
9. | Ahmad Dahlan | Pendiri Muhammadiyah |
10. | Moh. Husni Thamrin | Ketua GAPI |
1 komentar:
posternya sesuai dengan tema ya, yaitu tokoh pergerakan nasional. trus sedikit dikasih keterangan. Ok, sudah bagus, diperbaiki lagi..
IP (indische Partij), bukan PI (Perhimpunan Indonesia)
Posting Komentar